Detail Post

Abalon

16 April 2017 / Admin / , , / 2359 Kali Dilihat / 0 Komentar

Abalon (Haliotis)

 

Ciri-ciri

Abalon merupakan hewan lunak yang bercangkang. Cangkang abalon memiliki bentuk yang rendah, pipih, terbuka, spiral, dan ditandai dengan memiliki beberapa pori-pori pernapasan terbuka tersusun berderetdi dekat tepi luar cangkang. Lapisan dalam cangkang yang tebal terdiri dari nacre/ lapisan mutiara (mother of pearl), yang dalam banyak spesies abalone sangat warna-warni.

Klasifikasi

Kingdom               : Animalia

Filum                     : Mollusca

Kelas                     : Gastropoda

Ordo                      : Archaeogastropoda

Famili                    : Haliotidae

Genus                    : Haliotis

Persebaran

Famili Haliotidae memiliki distribusi di seluruh dunia, di sepanjang perairan pantai setiap benua, kecuali pantai Pasifik Amerika Selatan, Pantai Timur Amerika Serikat, Arktik, dan Antartika. Sebagian besar spesies abalon ditemukan di perairan dingin, seperti di lepas pantai Selandia Baru, Afrika Selatan, Australia, bagian barat Amerika Utara, dan Jepang. Di DIY terdapat di wilayah Pantai Sepanjang Kabupaten Gunungkidul.

Manfaat dan Nilai-nilai Penting

Daging kelompok moluska ini dianggap sebagai salah satu makanan istimewa di sebagian Amerika Latin (khususnya Chili), Asia Tenggara, dan Asia Timur (khususnya di Republik Rakyat Tiongkok, Jepang, dan Korea). Selain itu daging abalon menjadi komoditas perikanan laut yang cukup bagus bagi DIY.

 

Sumber: Profil Kehati DIY Tahun 2016



Post Terkait

Landak

Landak...

 Landak (Hystrix...

02 Mei 2017 / 0

Rase

Rase...

Rase (Viverricula...

02 Mei 2017 / 0


Tinggalkan Komentar