Detail Post

BLH DIY Meluncurkan Profil Keanekaragaman Hayati DIY Tahun 2016

21 November 2016 / Admin / , , / 673 Kali Dilihat / 0 Komentar

BLH DIY Meluncurkan Profil Keanekaragaman Hayati DIY TAhun 2016

 

             Sesuai dengan amanat Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 29 Tahun 2009 tentang Pedoman Konservasi Keanekaragaman hyati di Daerah, maka setiap daerah wajib menyusun Profil Keanekaragaman Hayati Daerah. Profil ini merupakan suatu laporan yang berisikan database keanekaragaman hayati yang ada di daerah dimana dengan adanya database ini dapat menjadi bahan dan pertimbangan bagi daerah untuk menyusun kebijakan-kebijakan dan program-program yang terkait dengan pengelolaan keanekaragaman hayati.

            Profil Keanekaragaman Hayati Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2016 ini disusun secara swakelola dengan kerjasama antara BLH DIY dengan Tenaga Ahli dari Fakultas Biologi UGM. Data keanekaraaman hayati yang ada disusun berdasarkan data sekunder dan pengamatan lapangan. Data sekunder merupakan hasil pengumpulan data keanekaragaman hayati dari SKPD-SKPD di kabupaten, seperti BLH/KLH/Kapedal Kabupaten; juga SKPD di tingkat provinsi seperti Dinas Kehutanan dan Perkebunan DIY, Dinas Pertanian DIY, BAPPEDA DIY; dan juga UPT Kementerian yang ada di daerah, diantaranya: Balai KSDA Yogyakarta, Balai TNGM dan lain-lainnya, yang terkait dengan pengelolaan keanekaragaman hayati. Selanjutnya, data-data sekunder yang terkumpul juga telah melalui proses verifikasi oleh tim tenaga ahli.

          

             Kami mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu kami menyelesaikan Profil Keanekaragaman Hayati DIY Tahun 2016 ini. Harapan kami, laporan ini dapat bermanfaat bagi semua pihak yang terkait dengan pengelolaan keanekaragaman hayati di DIY, baik instansi pemerintah, perguruan tinggi ataupun masyarakat umum. (Ranti)

 

Soft file Profil Keanekaragaman Hayati DIY dapat diunduh melalui bit.ly/2j5GeVw 



Post Terkait


Tinggalkan Komentar