Detail Post

Burung Kacer

16 April 2017 / Admin / , , / 2419 Kali Dilihat / 0 Komentar

Burung Kacer

 

Fauna identitas Kabupaten Kulon Progo adalah burung Kacer (Copsychus saularis (Linnaeus, 1758)) yang ditetapkan berdasarkan Keputusan Bupati Kulon Progo Nomor 93/SK KDH/A/1999.

Deskripsi

Berukuran sedang (20 cm), dengan hanya dua warna hitam dan putih. Jantan: Kepala, dada, dan punggung berwarna hitam biru bersinar. Ras Sumatera, Jawa Barat, dan Kalimantan Barat: sayap dan bulu tengah ekor hitam, bulu ekor luar dan setrip yang melintang di penutup sayap putih, perut dan tungging putih. Ras Jawa Timur, Kalimantan bagian utara dan timur: perut dan tungging hitam. Betina seperti jantan tetapi berwarna abu-abu buram bukan hitam. Burung remaja mirip betina tetapi berbintik-bintik. Iris coklat; paruh hitam; kaki hitam.

Klasifikasi

Kedudukan burung Kacer dalam tingkat takson adalah sebagai berikut:

Kingdom      : Animalia

Filum            : Chordata

Kelas            : Aves

Ordo             : Passeriformes

Famili           : Muscicapidae

Genus           : Copsychus

Spesies         : Copsychus saularis (Linnaeus, 1758)

Persebaran

Burung ini dapat dijumpai di India, Tiongkok selatan, Filipina, Asia Tenggara, Semenanjung Malaysia dan Sunda Besar. Di DIY burung Kacer tersebar merata di seluruh wilayah.

Manfaat dan Nilai-nilai Penting

Burung ini memakan serangga dan invertebrata kecil lain, dan kadang memakan nektar bunga, jadi dimungkinkan manfaat di alam sebagai pengendali populasi serangga dan invertebrata kecil lain. Sebagai hewan kesayanganmasyarakat karena suaranya yang bagus dan dapat meniru suara burung-burung yang lain. Saat ini populasinya sudah menurun sehingga perlu mendapat perhatian konservasi.

 

Sumber: Profil Kehati DIY tahun 2016



Post Terkait


Tinggalkan Komentar