Detail Post

Burung Tekukur

17 April 2017 / Admin / , , / 8672 Kali Dilihat / 0 Komentar

Burung Tekukur (Streptopelia chinensis)

 

Fauna identitas Kota Yogyakarta adalah burung Tekukur (Streptopelia chinensis (Scopoli, 1768)) yang ditetapkan berdasarkan Keputusan Walikotamadya Yogyakarta Nomor 2 tahun 1998.

Klasifikasi

Kedudukan burung Tekukur dalam tingkat takson adalah sebagai berikut:

Kingdom      : Animalia

Filum            : Chordata

Kelas            : Aves

Ordo             : Columbiformes

Famili           : Columbidae

Genus           : Streptopelia

Spesies         : Streptopelia chinensis (Scopoli, 1758)

Deskripsi dan Gambar

Burung berukuran tubuh sedang (30 cm), bulu berwarna coklat-merahjambu. Ekor tampak memanjang, dengan bulu ekor terluar bertepi putih menebal. Bulu pada sayap lebih gelap daripada bulu tubuh; pada sisi leher terdapat garis-garis hitam khas yang tampak jelas. Iris jingga, paruh berwarna hitam keabuan, kaki merah.

Persebaran

Burung ini tersebar luas di Asia Tenggara hingga ke Nusa Tenggara. Burung ini juga diintroduksi ke Australia dan Amerika Serikat (di Los Angeles). Di DIY tersebar di seluruh wilayah, terutama daerah-daerah pertanian dan ladang.

Status Perlindungan

Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 7 Tahun 1999 spesies ini belum dilindungi dan juga belum termasuk dalam daftar IUCN Red List.

Manfaat dan Nilai-nilai Penting

Burung ini memakan benih rumput, biji-bijian dan buah-buahan yang jatuh, jadi dimungkinkan manfaat di alam sebagai pengendali populasi rumput dan tumbuhan bawah lain. Sebagai hewan kesayangan masyarakat karena suaranya yang bagus. Kondisi populasinya saat ini sudah mulai menurun karena perburuan sehingga perlu mendapat perhatian untuk konservasi.

 

Sumber: Profil Kehati DIY Tahun 2016



Post Terkait


Tinggalkan Komentar