Detail Post

Burung Wiwik Kelabu

26 September 2020 / Admin / , , / 12 Kali Dilihat / 0 Komentar

Daerah Istimewa Yogyakarta, meskipun memiliki luas wilayah yang relatif kecil, namun  memiliki tingkat keanekaragaman hayati yang tinggi, salah satunya adalah keanekaragaman hayati jenis burung. Menurut data Profil Keaenakaragaman Hayati DIY tahun 2016, di DIY terdapat 64 famili aves dengan 285 spesies.

Salah satu jenis burung yang dapat ditemukan di DIY adalah burung wiwik kelabu atau Cacomantis merulinus. Burung wiwik kelabu adalah sejenis burung dari suku Cuculidae.

Klasifikasi Ilmiah:

Kingdom                      : Animalia

Filum                           : Chordata

Kelas                           : Aves

Ordo                            : Cuculiformes

Famili                          : Cuculidae

Genus                         : Cacomatis

Spesies                       : Cacomantis merulinus

 

Status:

Burung wiwik kelabu berstatus Least Concern atau Resiko Rendah (IUCN Redlist ver. 3.1)

 

Ciri-Ciri Morfologi:

Burung ini termasuk burung berukuran kecil dengan panjang tubuh sekitar 21 cm yang diukur dari ujung paruh sampai ujung ekor. Burung dewasa berwarna kelabu di kepala, leher dan dada bagian atas. Punggungnya merah kecoklatan dan perutnya kuning jingga. Sisi bawah ekor dengan warna putih di ujung-ujung bulu yang kehitaman. Burung muda berwarna burik; kecoklatan dengan garis-garis hitam di sisi atas tubuh, dan keputihan dengan garis-garis hitam yang lebih halus. Burung betina kadang-kadang berwarna seperti burung muda. Iris mata berwarna merah. Paruh kehitaman di atas dan kekuningan di bawah. Kaki berwarna kuning.

 

Habitat:

Habitat burung wiwik kelabu di hutan-hutan terbuka, hutan sekunder, tepi hutan, tegalan dan lingkungan pemukiman yang masih bernuansa pedesaan. Kadang dapat juga ditemukan di kawasan perkotaan di taman-taman. Burung ini suka bersembunyi di balik tajuk-tajuk pohon yang rimbun atau kadangkala turun ke semak belukar.

Burung wiwik kelabu mempunyai suara yang khas, mendayu-dayu sehingga dalam Bahasa Inggris disebut dengan nama plaintive cuckoo. Makanan burung ini adalah aneka jenis serangga, laba-laba dan juga buah-buahan kecil.Burung wiwik kelabu mempunyai kebiasaan yang cukup unik, yaitu menitipkan telurnya di sarang burung kecil lain.

 

(Dari berbagai sumber)



Post Terkait


Tinggalkan Komentar