Detail Post

Gurameh

17 April 2017 / Admin / , / 441 Kali Dilihat / 0 Komentar

Gurameh (Osphronemus gouramy (Lacepede, 1801))

 

Ciri-ciri dan Gambar

Ikan dengan jari-jari keras sirip dorsal total berjumlah 12-14 buah, jari-jari lunak 10-13 buah ; jari-jari keras sirip anal 9-13 buah, jari-jari lunak sirip anal 18-21 buah. Warna tubuh individu muda dengan 8-10 garis-garis tebal hitam vertikal; dewasa tanpa garis-garis vertikal atau terjadi dikromatisme seksual, jantan dan batina warna tubuhnya sama. Baris sisik transversal berjumlah 6,1,12. Bagian jari-jari lunak sirip anal melebar, dengan tepian marginnya parallel dengan tepian sirip ekor. Sirip ekor membulat. Sirip pelvis dengan jari-jari pertama siripnya memanjang sehingga membentuk seperti benang tentakel hingga mencapai tepian belakang sirip ekor.

Klasifikasi

Kingdom               : Animalia

Filum                     : Chordata

Superkelas             : Pisces

Kelas                     : Actinopterygii

Ordo                      : Perciformes

Famili                    : Osphronemidae

Genus                    : Osphronemus

Spesies                   : Osphronemus gouramy(Lacepede, 1801)

Persebaran

Ikan ini dijumpai di wilayah Asia, kemungkinan terbatas di Sumatera, Kalimantan, Jawa dan Semenanjung Malaya, kemudian di Thailand dan Sungai Mekong (Indochina). Ikan ini telah diintroduksi ke beberapa negara guna kepentingan budidaya. Di DIY tersebar cukup merata kecuali di Kabupaten Gunungkidul, pusat pengembangan ikan gurameh berada di UPTD BPAT Sendangsari Kulon Progo.

Manfaat dan Nilai-nilai Penting

Ikan ini sebagai hewan kesayangan (klangenan) yang mampu hidup dalam waktu relatif lama dengan bobot dapat mencapai 10 kg. Ikan ini mempunyai daging relatif padat dan memiliki cita rasa, namun memiliki pertumbuhan yang lambat.

 

Sumber: Profil Kehati DIY Tahun 2016



Post Terkait


Tinggalkan Komentar