Detail Post

Landak Laut

17 April 2017 / Admin / , , , / 14433 Kali Dilihat / 0 Komentar

Landak Laut (Echinus spp.)

 

Klasifikasi

Kingdom              : Animalia

Filum                     : Echinodermata

Kelas                     : Echinoidea

Ordo                      : Echinoida

Famili                    : Echinidae

Genus                    : Echinus

Species                  : Echinus spp.

Ciri-ciri

Landak laut atau disebut juga sebagai bulu babi (Echinoidea) adalah hewan laut yang berbentuk bundar dan tertutup duri yang dapat digerakkan di seluruh permukaan tubuhnya. Tubuh dibagi menjadi bahgian oral dan aboral. Cangkang tersusun oleh zat kapur yang tersusun membentuk pola. Duri-duri di permukaan tubuhnya bersendi pada bagian yang menonjol (tuberkel) sedangkan bagian yang tidak berduri terlihat memiliki kaki tabung (kaki ambulakral) yang digerakkan oleh sistem peredaran air. Landak laut dapat dijumpai di daerah pasang surut hingga kedalaman 5000 meter dengan substrat karang maupun pasir.

Persebaran

Landak laut tersebar luas di seluruh dunia terutama daerah perairan tropis dan subtropis. Landak laut tersebar di sepanjang daerah intertidal pantai yang berkarang di Gunungkidul. Keragaman jenis landak laut ini mencapai 14 jenis.

Manfaat dan Nilai-nilai Penting

Landak laut sering dimanfaatkan oleh penduduk di Gunungkidul sebagai bahan makanan dan bahan baku obat-obatan. Gonad/telur dari landak laut dapat dimanfaatkan sebagai bahan makanan. Pemanfaatan landak laut di DIY dilakukan oleh masyarakat Gunungkidul. Pemanfaatan masih sangat sederhana belum seperti halnya di Jepang dan Korea yang sudah menjadi makanan populer yang khas.

 

Sumber: Profil Kehati DIY Tahun 2016



Post Terkait

Habitat Alami sebagai Solusi Kepunahan Spesies

Habitat Alami sebagai Solusi K...

Habitat Alami sebagai Solusi Kepunahan Spesies Oleh: Subbid...

03 Oktober 2017 / 0

Awar-awar

Awar-awar...

Awar-awar (Ficus septica...

05 Juli 2017 / 0


Tinggalkan Komentar